Tuesday, 8 June 2010

Kumpulan Hadist Shahih

05:22

Bantu Dakwah ya

Hadist
 Menyambung tali persaudaraan tergadap orang yang memutuskannya, memberi kepada orang, menahan pemberian kepada dirinya, dan memaafkan orang yang mendhaliminya.
 Hadist riwayat Abu Hurairah R.A ia berkata : aku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda : “Semua umatku akan ditutup segala kesalahannya kecuali orang-orang yang berbuat maksiat dengan terang-terangan. Maksud dalam kategori maksiat terang-terangan adalah bila seseorang berbuat dosa di malam hari kemudian Allah menutupi dosanya, lalu dia berkata (kepada temannya) : Hai Fulan! Tadi malam aku telah berbuat ini dan itu. Allah telah menutupi dosanya ketika di malam hari, sehingga ia bermalam dalam keadaan ditutupi dosanya, kemudian di pagi hari ia sendiri menyingkap tirai penutup Allah SWT darinya. (Shahih Muslim No. 5306).
 Perdamaian tidak dapat dijaga dengan kekuatan. Hal itu hanya dapat diraih dengan pengertian (Einstein).
 Banyak kegagalan dalam hidup ini dikarenakan orang-orang tidak menyadari beberapa dekatnya mereka dengan keberhasilan saat mereka menyerah (Thomas Alva Edison).
 Semua orang tidak perlu menjadi malu karena pernah berbuat kesalahan, selama ia menjadi lebih bijaksana daripada sebelumnya (Alexander Pope).


Hadis

- Ibnu Abbas R.A meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda “Aku melihat surga dan kudapati ternyata sebagian besar penghuninya adalah orang-orang fakir, kemudian aku melihat neraka, dan kudapati neraka sebagian penghuninya wanita (HR. Bukhari Muslim).

- Abdullah bin Amru : “Aku melihat nereka, dan kudapati para penghuninya adalah kebanyakan orang-orang kaya dan wanita.

- Ghirah adalah kecemburuan yang berakar dari agama, atau ketersinggungan, karena agamanya didurhakai yang ada dalam hati seseorang. Ghirah merupakan unsur jiwa untuk menjaga kehidupan dan kesalihan hati.

- Pesan : luas surga dalam kehidupan akhirat sebanding dengan langit dan bumi dalam kehidupan manusia. Sedangkan kehidupan neraka dalam kehidupan akhirat mampu menampung seluruh orang kafir dalam seluruh masa.

- Al-Baqarah : 212 : kehidupan dunia dijadikan indah dalam pandangan orang-orang kafir, dan mereka memandang hina orang-orang yang beriman, padahal orang-orang yang bertaqwa lebih mulia daripada mereka di hari kiamat. Dan Allah memberi rezeki kepada orang-orang yang dikehendakinya tanpa batas.

- Wahai manusia, malulah kepada Allah dengan sebenar-benarnya malu. Kemudian beliau berkata lagi : “Barang siapa diantara kalian malu, hendaklah tidak beranjak tidur kecuali wajahnya terbayang dipelupuk matanya. Hendaknya ia juga menjaga perutnya dan isinya. Kepala dan isinya. Ia mengingat mati dan kehancuran dan hendaknya ia meninggalkan perhiasan dunia (HR Ath-Thabrani).

- Ya Allah, jadikanlah aku relah dengan keputusan-Mu. Berkahilah aku dengan takdir-Mu, sehingga aku tidak akan suka memajukan sesuatu yang engkau undurkan, dan mengundurkan apa yang engkau majukan.

- Sesungguhnya perumpamaan kehidupan duniawi itu adalah seperti air (hujan) yang kami turunkan dari langit, lalu tumbuhlah dengan suburnya karena air itu tanam-tanaman bumi, diantaranya ada yang dimakan manusia dan binatang ternak. Hingga apabila bumi itu telah sempurna keindahannya dan memakai perhiasannya dan pemilik-pemiliknya mengira bahwa mereka pasti menguasainya, tiba-tiba datangnya kepada azab kamia di waktu malam atau siang, lalu kami jadikan (tanam-tanaman) laksana tanam-tanaman yang sudah disabit, seakan-akan belum pernah tumbuh kemarin. Demikianlah kami menjelaskan tanda-tanda kekuasaan (kami) kepada orang-orang yang berpikir (Surah Yunus : 24).

- Abu Hurairah menuturkan Rasulullah SAW bersabda : ketahuilah, dunia itu terlaknat dan terlaknat pula seluruh yang ada di dunia, kecuali dzikir pada Allah dan apa yang mengikutinya, serta seorang ulama atau pelajar (HR. Tirmizi).


- Hai orang-orang beriman, janganlah hartamu dan anak-anakmu melalaikan kami dari mengingat Allah. Barang siapa yang berbuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang merugi (Al-Munafiqun : 9).

- Usai menshalati para pejuang uhud. Rasulullah SAW menyampaikan do’anya, yang lirih dengan penuh kekhusyu’an. Aku adalah penolah ulu kalian dan saksi atas kalian. Tempat bertemu kalian adalah telaga, dan aku benar-benar melihat dari tempatku berdiri ini. Aku tidak khawatir kaian akan syirik, akan tetapi aku khawatir kalian akan bersaing memperebutkan dunia (Hadits ini perlu diteliti).

- Seseorang optimis akan melihat adanya kesempatan dalam setiap malapetaka, sedangkan orang pesimis melihat malapetaka dalam setiap kesempatan.

- Kehidupan itu ibarat sepeda, anda tidak akan jatuh kecuali anda berencana untuk berhenti mengayuhny (Laude Pepper)

- Seorang pria mencintai kekasihnya paling banyak, mencintai istrinya paling baik, tapi mencintai ibunya paling lama. (Irish Proverb).

- Langkah pertama dan yang paling penting menuju kesuksesan adalah merasakan bahwa kita bisa sukses. (Nelson Baswell).

- Cintailah kehidupan dan kehidupan akan mencintai anda. Cintailah orang lain, dan mereka akan mencintai anda (Arthur Rubiasteein).

- Jagalah agar tidak ketinggalan shalat sunnat 2 rakaat sebeluh subuh. Karena pahal 2 rakaat itu sebesar langit dan bumi.

0 comments:

Post a Comment